Kamis, 02 Februari 2012

Menggunakan E-mail BAB 3

A.Mengenal e-mail

mengenal e-mail(elektronik mail)

email_pressureist1Electronic Mail (disingkat e-mail atau surat-elektronik) atau nama umumnya dalam bahasa Inggrise-mail” (juga: posel atau pos elektronik, dan imel) adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur internet. Dengan surat biasa seseorang perlu membeli prangko sebagai biaya pengiriman, tetapi surat elektronik tidak perlu memakai biaya untuk mengirim. Biaya yang mungkin dikeluarkan hanyalah biaya untuk membayar koneksi internet.
A. Sejarah e-mail
Sejarah tentang e-mail tidak lepas pula dari sejarah perkembangan internet, dimana sejarah internet dimulai pada 1969 ketika Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana caranya menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik. Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET. Pada 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan.

B.Cara Membuat Akun Email di Yahoo! Indonesia

Sebelumnya saya pernah menulis bagaimana cara membuat akun Gmail. Kali ini saya akan berbagi informasi tentang cara membuat akun email di Yahoo! Indonesia. Akun Yahoo! ini diperlukan saat kita ingin mendaftarkan blog ke Yahoo!. Sama seperti Gmail, layanan email ini juga gratis alias tidak berbayar. Bagi pembaca yang ingin mengetahui langkah-langkah membuat akun email Yahoo!, silakan simak tulisan berikut ini.
  1. Kunjungi laman Yahoo! Indonesia di http://id.yahoo.com/
  2. Klik tulisan Buat Account pada bagian atas laman.
  3. Anda akan dibawa ke laman Pendaftaran Yahoo!, silakan isi poin-poin pada formulir tersebut.
  4. Nama Saya, isikan dengan nama depan dan nama belakang Anda.
  5. Jenis Kelamin, pilih sesuai dengan jenis kelamin Anda, Laki-laki atau Perempuan.
  6. Tanggal Lahir, isikan dengan tanggal, bulan dan tahun lahir Anda.
  7. Saya tinggal di, pilih Indonesia.
  8. ID Yahoo! dan Email, kemudian isikan ID Yahoo! dan Email sesuai pilihan Anda. Lalu klik tombol Periksa untuk mengecek apakah ID Yahoo! yang Anda isikan tersedia atau tidak. Kalau tidak tersedia, silakan masukkan lagi dengan ID Yahoo! yang lain dan klik tombol Periksa. Ulangi sampai ID Yahoo! yang Anda inginkan tersedia.
  9. Kata Sandi, masukkan kata sandi yang Anda inginkan.
  10. Ketik ulang Kata Sandi, silakan masukkan kembali kata sandi Anda untuk konfirmasi.
  11. Pertanyaan Keamanan 1, pilih satu dari pertanyaan yang tersedia atau buat pertanyaan sendiri. Hal ini berguna kalau suatu saat nanti Anda lupa kata sandi atau ID Anda.
  12. Jawaban Anda, isikan jawaban dari pertanyaan yang anda buat di Pertanyaan Keamanan 1.
  13. Pertanyaan Keamanan 2, pilih atau buat pertanyaan yang kedua.
  14. Jawaban Anda, isikan jawaban dari pertanyaan keamanan 2.
  15. Ketik kode yang terlihat, isikan dengan kode yang Anda lihat.
  16. Klik tombol Buat Account Saya.
  17. Jika semuanya telah benar, maka Anda akan dibawa ke laman ucapan Selamat!.

C.Bagaimana cara masuk dan keluar dari akun saya?

Di-update terakhir: 07 November 2007
Ukuran Teks: A A A
Untuk Masuk ke akun Yahoo! Mail Anda, klik disini.
Masukkan ID Yahoo! dan sandi Anda pada tempat yang disediakan, dan klik tombol "Masuk".
Jika Anda masuk ke akun Yahoo! Mail, atau layanan Yahoo! lainnya, selama delapan jam terakhir dan Anda tidak mengklik "Keluar" atau menutup browser Anda, maka akun Anda akan tetap dapat diakses tanpa perlu masuk. Cukup klik ikon Yahoo! Mail atau masuk ke [url]http://mail.yahoo.co.id[/url].
Anda akan melihat ID Yahoo! Anda pada layar Masuk jika Anda menggunakan komputer yang sama untuk masuk ke Yahoo! Mail atau layanan Yahoo! lainnya (seperti My Yahoo! atau Yahoo! Music Engine) pada waktu sebelumnya. Untuk masuk ke akun Yahoo! Mail lain, cukup klik link "Masuk sebagai pengguna lain", atau keluar dari akun saat ini dan masuk ke akun yang baru.
Keluar
Untuk mencegah orang lain menggunakan tombol "Back" atau fungsi History, setiap kali keluar dari akun, Anda harus sepenuhnya keluar.
Untuk sepenuhnya keluar, klik link "Keluar" di atas halaman. Dengan cara ini, seseorang yang menggunakan komputer setelah Anda tidak memiliki akses ke akun Anda. Ini terutama penting jika anda menggunakan komputer publik atau komputer yang digunakan bersama-sama.
Pengguna Internasional: Setelah keluar dari akun Yahoo! Mail Anda, klik link "Keluar Sepenuhnya" untuk sepenuhnya keluar dari semua akun Yahoo! Anda. Jika Anda hanya keluar dari Yahoo! Mail dan tidak sepenuhnya keluar dari akun Yahoo! Anda, seseorang yang menggunakan komputer setelah Anda dapat mengakses beberapa bagian dari akun Yahoo! Anda, termasuk My Yahoo!, dsb.
Catatan Yahoo! Messenger: Apakah Anda menggunakan Yahoo! Messenger? Jika ya, ketika Anda masuk ke Yahoo! Messenger, ini akan membuka sebuah browser dan secara otomatis membuat Anda masuk ke akun Yahoo! jika Anda memilih "Masuk otomatis ketika saya mengklik suatu link Yahoo! pada Yahoo! Messenger" pada Messenger - Preferensi - Window umum. Pilihan ini membuka akun Anda dan membiarkannya terbuka kecuali Anda keluar, seperti dijelaskan di atas. Pastikan kotak ini tidak ditandai jika Anda ingin mencegahnya terjadi. Temukan kotak ini di Yahoo! Messenger - Preferensi - Window umum.

D.Bagaimana cara mengirim email?

Di-update terakhir: 15 Desember 2011
Ukuran Teks: A A A
Klik Tulis Pesan di sudut kiri atas untuk menulis email. Pada halaman baru, klik kotak kosong di sebelah Kepada:, lalu ketik alamat email penerima. Tambahkan alamat dalam kolom Cc: jika ingin mengirim salinan email kepada orang lain. Pihak lain yang menerima email ini akan dapat melihat daftar nama yang tercantum dalam baris Cc:. Dalam Judul:, beri judul email, lalu tulis isi email di bagian yang telah disediakan di bawahnya. Mengirim adalah bagian yang mudah. Setelah selesai menulis email (dan melampirkan foto atau file jika diinginkan... lihat di bawah ini), klik Kirim. Berikut sejumlah saran yang dapat membantu Anda di waktu mendatang: Membuka Buku Alamat di jendela kecil Mengklik + setelah mengklik Kepada:, Cc:, atau Bcc: (lihat di bawah ini) akan membuka Buku Alamat di jendela kecil untuk memilih penerima. Klik Selesai untuk menyisipkan alamat email yang telah dicentang. Penerima Lebih dari Satu: Anda juga bisa mengirim email ke lebih dari satu orang. Tambahkan alamat email lain di kolom Kepada: lalu klik tombol Tab pada keyboard untuk mulai mengetik alamat email lainnya. Jika ingin mengirim email lagi ke kelompok ini, Anda dapat membuat kategori. Dengan demikian, Anda dapat mengirim email ke grup tersebut di waktu mendatang dengan sekali klik! Bcc: Jika Anda ingin mengirim salinan email kepada seseorang, tapi tidak ingin orang lain tahu bahwa orang tersebut mendapatkan salinan email Anda, klik Tambah Kolom Bcc di atas baris "Kepada:". Bcc adalah "blind carbon copy". Penerima Bcc: tidak terlihat oleh penerima email yang ada di kolom Kepada: dan Cc:, serta penerima Bcc: lainnya. Misalnya, jika Anda mengirim email kepada johndoe@yahoo.com dengan Bcc: kepada janedoe@yahoo.com, maka johndoe akan melihat bahwa ia adalah satu-satunya penerima pesan. janedoe juga akan mendapatkan email tersebut dan melihat bahwa Anda juga mengirim email Kepada: johndoe. Pemeriksa ejaan: Sewaktu menulis email, Anda dapat memeriksa ejaan dalam email. Klik tombol Ejaan (terlihat seperti tanda centang dengan "abc") di dalam tab "Format" di bawah kolom "Judul". Jika ingin melokalkan pemeriksa ejaan ke bahasa tertentu, klik tanda panah di sebelah tombol Ejaan, lalu pilih bahasa yang sesuai dari menu dropdown. Pilihan pemeriksa ejaan hanya tersedia dalam mode Teks Berformat. Untuk beralih ke mode Teks Berformat, klik Beralih ke Teks Berformat di bagian paling kanan. Kata yang salah eja akan diberi garis bawah warna merah. Untuk melihat daftar koreksi yang disarankan untuk kata yang salah eja, klik kata tersebut! Melampirkan Foto dan File: Klik tab Lampirkan File di bawah kolom "Judul". Pada jendela yang terbuka klik Browse untuk mencari dan memilih file yang diinginkan. Setelah mendapatkannya, klik Open. Ulangi langkah-langkah ini untuk melampirkan file lain.

E.Bagaimana cara membaca email?

Di-update terakhir: 15 Desember 2011
Ukuran Teks: A A A
Bila Anda membuka Yahoo! Mail, halaman Apa yang Baru akan terbuka di jendela utama. Jika memiliki email baru, kata "Email Masuk" yang diikuti dengan jumlah email baru akan muncul di bagian bawah halaman Apa yang Baru. Anda dapat mengkliknya atau mengklik "Email Masuk" di bagian atas daftar folder pada panel navigasi di sebelah kiri. Anda juga dapat mengklik folder lain jika sedang mencari email yang ada di salah satu folder selain folder Email Masuk.
Daftar email dalam folder Email Masuk (atau folder yang Anda klik) akan terbuka di jendela utama. Klik di mana saja pada baris info (Pengirim, Judul, Tanggal/Waktu) email yang ingin dibaca, dan email tersebut akan muncul di "panel baca" di bawah. Ini adalah jendela preview. Anda juga dapat mengklik dua kali pada baris info email, dan email akan terbuka di seluruh jendela utama, dalam tab baru. Tampilan ini memberi Anda ruang yang lebih luas untuk membaca email, namun menutupi jendela yang berisi daftar email dalam folder.
Setelah membaca email, baris info email tidak lagi ditampilkan dalam huruf tebal. Hanya email yang belum dibaca saja yang akan tetap dalam huruf tebal

F.Cara Membalas Email di Yahoo

Sepertinya ringan bahasan kita kali ini dari  pertanyaan yang diajukan, tapi mungkin bagi beberapa orang akan sangat berguna. Semoga bermanfaat saja uraian saya tentang cara membalas email di yahoo.
Setelah dibahas di artikel sebelumnya tentang cara mengirim email di Yahoo, kini ada pertanyaan bagaimana membalas email yang masuk? Berikut langkah langkahnya :
1. Buka akun email Anda di mail.yahoo.com atau yahoomail.com atau ymail.com dengan memasukkan username dan password.
2. Buka Kotak Inbox yang ada pada akun yahoomail Anda hingga ada daftar kotak masuk yang masuk ke akun email.
3. Buka salah satu email yang Anda ingin baca dan balas pesannya, hingga terbuka isi pesanya.
4. Setelah dibuka salah satu email masuk, Langkah penting klik REPLY (Balas) yang berada pada bagian bawah atau atas e-mail. Maka akan muncul halaman pesan asli si-pengirim dan ada bagian atas untuk menulis, tulislah pesan balasan disana sesuai kebutuhan.
langkah 1 membalas email
5. Setelah pesan selesai ditulis klik tombol SEND (kirim). Selesai.
Pada kesempatan lain akan dibahasa cara mengirim e-mail ke beberapa alamat email atau mengirim ke banyak email dengan satu kali langkah pengiriman

G.Bagaimana cara meneruskan email?


Teruskan email dari folder manapun—Email Masuk, Email Keluar, dsb. Mulai dengan memilih email yang akan diteruskan. Setelah itu:
  1. Klik tombol "Teruskan". Tindakan ini akan membuka jendela Tulis Pesan. Jika email yang diteruskan memiliki lampiran, Anda akan melihatnya di atas jendela Tulis Pesan— Yahoo! Mail akan secara otomatis melampirkannya untuk Anda. Dalam jendela Tulis Pesan, Anda akan melihat teks email yang sedang diteruskan.
  2. Dalam kolom "Kepada:", "Cc:", dan "Bcc:", masukkan alamat penerima email yang diteruskan.
  3. Di jendela email, masukkan teks tambahan yang akan disertakan.
  4. Klik tombol "Kirim".
Itu saja yang perlu dilakukan untuk meneruskan email.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar